Vizita Cruz Joven Parokia Fatuberliu -Salib Pemuda Paroki Faturberliu-Timor Leste

timoer leste

Abbah Al-Lazar, OFM, Pastor Paroki Sao Francisco de Assis Fatuberliu, Distrik Manufahi, Keuskupan Dili, mengadakan program kunjungan yang diberi nama Vizita Cruz Joven Parokia Fatuberliu: Kunjungan Salib Pemuda (cruz joven) Paroki Fatuberliu.

Dari mana datangnya ide ini?

 “Di Timor Leste ada sebuah salib namanya Cruz Joven (Salib Pemuda) yang biasanya mengunjungi paroki-paroki di 3 keuskupan di Dili semenjak pra kemerdekaan. Pada bulan Desember 2014, salib ini singgah di paroki kami selama seminggu. Ketika Salib ini ditahtahkan di salah satu paroki, umat akan mengadakan pengakuan dosa, misa, pembaptisan, penerimaan komuni pertama, pernikahan, ada doa Taize, dan ada juga misa perdamaian. Dari kunjungan ini kami berpikir bahwa kegiatan ini mesti dilanjutkan. Sekalipun salib ini dipindahkan ke paroki lain, kegiatan rohani seperti ini harus tetap dijalankan sehingga kami membuat salib yang khusus digunakan untuk umat paroki Paroki Faturberliu-Timor Leste. Salib ini kami beri nama: Cruz Joven Parokia Fatuberliu (Salib Pemuda Paroki Fatuberliu)”

Apa istimewanya program ini?

“Kami mengunjungi umat dari kampung-ke kampung. Saat kunjungan ini kami memberi kesempatan kepada umat untuk merayakan ekaristi bersama. Pada saat yang istimewa ini kami juga mengajak umat untuk melakukan perdamaian satu sama lain. Ada banyak hal yang membuat umat hidup dalam persoalan. Kehadiran Cruz Joven Parokia Fatuberliu menjadi satu kesempatan bagi keluarga-keluarga berkumpul sehingga keluarga-keluarga yang terlibat dalam konflik bisa melakukan rekonsiliasi satu terhadap yang lain. Salib Kristus menjadi contoh bagi umat untuk melihat pengorbanan yang telah Tuhan bayar dengan darah-Nya sendiri. Pengorbanan Tuhan ini pun mengajak umat untuk bersedia membagi kasih bagi orang lain, termasuk mengampuni sesama yang mengakui kesalahannya”

Abbah Al-Lazar, OFM sangat memperhatikan perkembangan iman umat. Baginya pertumbuhan iman umat perlu diikuti oleh satu relasi sosial yang matang. Untuk itu ia senantiasa mengajak umat untuk merenung jalan salib Yesus. Abbah Al-Lazar, OFM bahkan membuat satu hymne khusus yang ia beri judul Ovos Omnes, syair lagu dalam bahasa Tetun yang ia susun sebagai hasil refleksi tentang pengalaman iman umat.

Semoga kehadiran Cruz Joven Parokia Fatuberliu senantiasa menjadi kesempatan bagi umat untuk membangun hidup rohani di atas satu relasi sosial yang matang. Sebab salib Kristus adalah pengalaman solidaritas Tuhan atas manusia. (Bill )