SMAK ST. Fransiskus Asisi Larantuka dan Hari Lahir Pancasila – Romo Martinus Kapiten Sogen: Pimpin Upacara Bendera

Berdasarkan Surat Edaran Nomor: 29386/A/TU/2018, Tentang: Pedoman Penyelenggaraan Upacara Bendera Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2018 di Lingkungan Kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, maka SMAK ST. Fransiskus Asisi Larantuka mengadakan Upacara Bendera pada hari Jumat, tanggal 01 Juni 2018 sebagai Pelaksana Teknis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Upacara Bendera yang diikuti oleh seluruh staf pengajar, pegawai bersama para siswa dan siswi SMAK ST. Fransiskus Asisi Larantuka terjadi di halaman sekolah, yang dimulai pada pkl. 07.30 wita – selesai. Pengibaran Bendera Merah-Putih diiringi lagu Indonesia Raya menjadi inti Peringatan Hari Lahir Pancasila.

Kepala SMAK St. Fransiskus Asisi Larantuka, Romo Martinus Kapiten Sogen bertindak sebagai Pembina Upacara. Dalam sambutannya, Pembina upacara, menyampaikan bahwa meskipun tanggal 01 Juni ditetapkan sebagai hari libur nasional, namun upacara bendera memperingati Hari Lahir Pancasila harus tetap dilaksanakan dan tidak ikutan libur.

Peringatan Hari Lahir Pancasila yang terwujud dalam Upacara Bendera haruslah diresapi dan bahkan harus diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Pembacaan 45 butir Pancasila pun dibacakan oleh para siswa dalam Upacara Bendera tersebut. Pembacaan butir-butir Pancasila ini pun sebagai peringatan akan makna dan nilai yang terkandung dalam 5 Sila Pancasila.

SMAK St. Fransiskus Asisi Larantuka sebagai satu-satunya lembaga pendidikan se-tingkat SMA di Kota Larantuka yang menyelenggarakan Upacara Bendera memperingati Hari Lahir Pancasila, merasa terpanggil untuk menjiwai Pancasila tidak sebagai hari libur pada umumnya. Pancasila adalah falsafah hidup dan pandangan hidup berbangsa dan bernegara  Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sudah final. (Karolus Banda Larantukan)