Sari Firman: Minggu Prapaskah 1

Dosen STFK Ledalero

Pater Leo Kleden SVD

Teks Injil Markus. 1:12-15

1)  Sebelum memulai karya di depan umum Yesus berpuasa 40 hari di padang gurun. Dalam sunyi Dia berdoa kepada Bapa, merenungkan pewartaan dan penebusan yang akan dilaksanakan-Nya.

2) Di saat itulah Iblis mencobai Dia. Dari Injil Mateus dan Injil Lukas kita tahu isi godaan: harta, kehormatan  dan kuasa. Di balik semua itu, ada satu godaan saja: Mengutamakan kepentingan diri sendiri! Tapi Yesus menolak dengan tegas, karena Ia mengutamakan kehendak Bapa.

3) Sesudah doa dan tapa Yesus memulai pewartaan-Nya: “Waktunya telah genap. Kerajaan Allah (KA) sudah dekat.” a. “Waktu” yang  dimaksud adalah kairos, waktu keselamatan. b. KA ialah Kehadiran Allah yang menghimpun kita jadi umat-Nya dalam masyarakat baru yang ditandai keadilan dan damai sejahtera. c. Ia “dekat” bukan dalam arti ruang waktu melainkan personal, artinya Allah menyayangi kita.

4) ” Bertobatlah dan percayalah akan Injil”. a. Bertobat = berbalik kepad Tuhan untuk dibarui dan dikuduskan. b. Injil ialah Kabar Gembira yg dibawa Yesus. Dan Yesus sendiri adalah Kabar Gembira itu. Dialah Wajah kerahiman Allah, pewahyuan belaskasih Bapa.

5) DOA + Baruilah kami, ya Tuhan, dalam 40 hari masa penuh rahmat mengikuti Yesus di gurun sunyi + Amin