Sari Firman Minggu Palma

Pater Leo Kleden, SVD

Injil  Markus 11:1-10, Kisah Sengsara Yesus Markus 14:1-15:47.

Dengan Perayaan Minggu Palma kita menyertai Yesus ke Jerusalem dan ikut mengalami peristiwa yang paling tragis: Kita mulai dengan pawai meriah dan pekik HOSANA dan mengakhirinya dengan Kisah Sengsara Yesus dalam teriakan SALIBKANLAH DIA.

  1. Kita peringati hari ini: YESUS memasuki Yerusalem sebagai Raja Damai tanpa kereta perang, tanpa pasukan bersenjata, menunggang seekor keledai, disambut orang sederhana yang bersorak sorai dengan lambaian daun palma dan ranting zaitun: “HOSANA, terberkatilah Dia yang datang dalam Nama Tuhan”.
  1. Injil menampilkan Kisah Sengsara Yesus: Lambaian daun palma diganti dengan tombak, cemeti dan mahkota duri, Dia dihujat dan dihina, dihukum mati secara keji: “SALIBKANLAH DIA!”
  1. Ternyata Dialah Raja Damai Sejati yang mengalahkan dunia dengan Kasih-Nya pada Salib: Lihatlah Anak Domba Allah yang menghapus dosa dunia.
  1. Di manakah saya berdiri dalam seluruh Kisah Sengsara Yesus? Apa peranku dalam penyaliban Dia yang tak bersalah ini? (Inilah pertanyaan yg menyertai kita dalam Pekan Suci ini).
  1. DOA:

+ YESUS TUHAN,

Kasihanilah kami orang berdosa ini + Amin