Sari Firman: Minggu ke 13 – Harga Sebuah Penyembuhan

Bacaan Injil: Mrk 5:21-43

Injil hari ini adalah sebuah cerita berbingkai: Cerita utamanya pembangkitan puteri Yairus dan sisipannya penyembuhan perempuan yang sakit perdarahan.

  1. Yairus, pemimpin sinagoga, datang minta Yesus menyembuhkan anaknya yang sakit berat. Tapi si anak mati sebelum Yesus tiba. Umurnya 12 tahun, tepat di ambang fajar masa mudanya, menyebabkan dukacita tak terkira.
  1. Di tengah jalan itu ada perempuan yang sakit perdarahan; ia menerobos orang banyak lalu menyentuh jubah Yesus dengan penuh iman dan harapan. Dia menyentuh dan sembuh.
  1. Yesus merasa ada daya hidup keluar dari diri-Nya dan bertanya: “Siapa menyentuh jubah-Ku?” Perempuan itu tampil dengan gemetar dan sujud, tapi Yesus berkata: “Anak-Ku, imanmu telah menyelamatkan engkau”.
  1. Setiba di rumah Yairus, Yesus memegang tangan anak yang mati kitu dan berkata: “Talita kum”, “Hai anak, Aku berkata kpdmu, bangunlah”. Oleh Firman penuh kuasa anak itu hidup kembali.
  1. Ternyata Yesus menyembuhkan kita dengan memberi daya hidup dari diri-Nya sendiri. Dan kelak kita pun tahu: Dia mengurbankan nyawa di Salib agar kita boleh hidup. Itulah harga sebuah penebusan.
  1. DOA:  + Yesus Tuhan,  oleh luka-luka-Mu kami disembuhkan, oleh wafat-Mu kami dihidupkan Yesus Tuhan, Kasihanilah kami + Amin