Sari Firman Minggu Biasa 33

Pater Leo Kleden SVD

Dan. 12:1-3, Mrk. 13:24-32

Menjelang akhir Tahun Liturgi, bacaan-bacaan Kitab Suci mengingatkan kita akan akhirat dunia.

  1. Nabi Daniel bernubuat bahwa musibah besar akan menimpa umat manusia. Lalu orang-orang yang telah mati akan bangkit. Orang baik akan menikmati hidup kekal, sedangkan yang jahat mendapat hukuman. “Dan orang-orang bijaksana yang hidup menurut Firman Tuhan akan bersinar seperti cahaya cakrawala, dan yang telah menuntun banyak orang kepada kebenaran akan bercahaya seperti bintang-bintang untuk selama-lamanya”.

  2. Dalam Injil hari ini Yesus juga mengingatkan kita akan akhir zaman, yang ditandai banyak bencana dan penderitaan. Tetapi berakhirnya dunia lama merupakan transformasi menuju ciptaan baru. Seperti pohon yang meranggas di musim dingin menyiapkan mekarnya tunas-tunas baru di musim semi, demikianlah bencana dan penderitaan menyiapkan mekarnya keselamatan paripurna dalam Kristus. “Pada waktu itu orang akan melihat Anak Manusia datang dalam awan-awan dengan segala kekuasaan dan kemuliaan-Nya. Dan Ia akan menyuruh malaikat-malaikatNya keluar dan mengumpulkan orang-orang pilihan-Nya dari keempat penjuru angin”.

  3. Firman Tuhan ini tidak dimaksudkan hanya untuk umat nun jauh di masa depan. Firman ini ditujukan kepada kita saat ini sebagai Kabar Gembira. Itu berarti kini kita harus bersinar dalam kebaikan untuk sesama “seperti bintang-bintang di cakrawala” dan dengan itu siap menyambut Kristus kapan pun Ia datang menjemput kita.

  4. DOA

+ Tuhan, semoga Cahaya Kasih-Mu yang abadi menjadikan kami bintang-bintang kecil yang menuntun sesama kepada Sumber Hidup Sejati + Amin