Sari Firman: Minggu Biasa 30

         Pater Leo Kleden SVD

Bacaan: Yer 31:7-9, Mrk 10:46-52

“Tuhan, semoga aku dapat melihat.”

  1. Yeremia 31 menubuatkan penyelamatan Tuhan bagi umat yang menderita. Minggu ini kita hanya membaca ayat 7-9. Tapi lebih dulu dalam ayat 3 Tuhan berfirman: “Aku mengasihi engkau dengan kasih yang kekal, sebab itu Aku melanjutkan kasih setia-Ku kepadamu. “

  1. Karena kasih-Nya itulah Tuhan hendak menghantar pulang umat yang tercerai-berai di tanah pembuangan. “Di antara mereka ada orang buta dan lumpuh, ada perempuan hamil bersama dengan himpunan perempuan yang melahirkan”. Mata si buta akan dicelikkan, orang lumpuh dikuatkan, sedangkan himpunan perempuan ini yang akan melahirkan generasi baru umat Tuhan.

  1. Yesus Almasih menghimpun umat baru dan menyatakan karya penyelamatan Allah di tengah mereka. Nas Injil Markus kali ini mengisahkan penyembuhan seorang buta. Bartimeus yang duduk di pinggir jalan menunjukkan bagaimana orang-orang cacat merupakan kelompok orang yang terpinggirkan di masyarakat.

  1. Tetapi Bartimeus mendengar Yesus berjalan lewat lalu berteriak: “Yesus Anak Daud, kasihanilah aku”. Yesus bertanya: “Apa yang kaukehendaki supaya Aku perbuat bagimu?” Jawabnya: “Rabuni, supaya aku dapat melihat”. Kata Yesus: “Pergilah imanmu telah menyelamatkan engkau”.

  1. Bartimeus lebih dulu melihat Yesus Almasih dengan cahaya iman, dan imannya pada Tuhan membuka juga mata fisiknya untuk berjalan mengikuti Yesus Almasih .

Sebaliknya, kadang kita punya mata tapi tidak melihat, karena kita punya kebutaan rohani yang tidak melihat kehadiran Tuhan di tengah kita. Atau kita punya telinga tetapi tidak mendengar suara Dia yang sedang berjalan lewat tepat di samping kita.

  1. DOA

+ Tuhan, bukalah mata imanku untuk melihat kehadiran-Mu di tengah kami, dan bukalah juga telinga kami untuk mendengar Firman-Mu serta melaksanakannya dengan penuh sukacita + Amin