Sari Firman Minggu Biasa 26

Pater Leo Kleden SVD

Bacaan:  Bil 11:25-29, Mrk 9:38-48

Dua bacaan Firman, yaitu dari Kitab Bilangan dan Injil Markus ini, mengajarkan kita tiga hal penting.

1. Tak seorang pun memonopoli karunia rahmat Tuhan. Dalam Kitab Bilangan: Roh Tuhan diberikan kepada 70 orang tua-tua yang berdiri di sekeliling Kemah Suci bersama Musa. Tetapi Roh itu turun juga atas Eldad dan Medad yang tidak sempat hadir, lalu keduanya pun mulai berbicara seperti nabi. Ketika Yosua hendak mencegah keduanya, Musa menegur dia. Musa malah mengharapkan Roh itu turun ke atas seluruh umat. Dalam Injil: Ada orang lain mengusir Setan dalam nama Yesus. Murid-murid mencegah dia, tapi Yesus mengatakan: “Jangan kamu cegah dia!” Sebab, “Barangsiapa tidak melawan kita, ia ada di pihak kita.” Kerajaan Allah, bersifat inklusif, merangkul semua orang yang berkehendak baik.

2. Kebaikan, sekecil apa pun, punya nilai abadi. Yesus bersabda: “Sesungguhnya barangsiapa memberi kamu minum secangkir air oleh karena kamu adalah pengikut Kristus, ia tidak akan kehilangan upahnya”.

3. Sebaliknya Yesus sangat keras terhadap mereka yang menyesatkan orang lain. “Barangsiapa menyesatkan salah satu dari anak-anak  kecil yang percaya ini, lebih baik baginya jika sebuah batu kilangan diikatkan pada lehernya dan dibuang ke dalam laut.” Dan Yesus menambahkan bahwa lebih baik orang kehilangan tangan atau matanya tapi masuk ke dalam hidup abadi, dari pada berbuat dosa dengan anggota tubuhnya, dan dicampakkan ke dalam neraka.

4. DOA

+ Tuhan,  berilah kami Roh Kudus-Mu, dan sanggupkanlah kami melaksanakan tindakan kasih. Jauhkanlah kami dari dosa, serta tuntunlah kami di jalan yang benar menuju hidup abadi + Amin