Sari Firman Minggu Adven 2

Pater Leo Kleden SVD

Bacaan:

Bar 5:1-9, Luk 3:1-6

“Siapkanlah Jalan Bagi Tuhan “.

  1. Kita baca dalam Injil Lukas: Yohanes Pembaptis, perintis jalan bagi Almasih, tampil di wilayah Yordan dan berseru: “Bertobatlah dan berilah dirimu dibaptis dan Allah akan mengampuni segala dosamu”.

  1. Dialah suara yang berseru di padang gurun: “Persiapkanlah jalan untuk Tuhan, luruskanlah jalan bagi-Nya.” Tetapi bagaimana caranya kita mempersiapkan jalan Tuhan? – Setiap gunung dan bukit keangkuhan harus menjadi rata oleh kerendahan hati. – Lembah kelemahan harus ditimbun dengan kebajikan. – Semua lika-liku tipu muslihat harus diluruskan dalam kejujuran. Inilah jalan pertobatan agar “semua orang akan melihat keselamatan yang dari Tuhan.”

  1. Adven biasa ditafsir sebagai usaha kita mempersiapkan jalan bagi Tuhan. Tetapi Bacaan I dari Kitab Barukh mengingatkan kita bahwa sebelum kita menyiapkan jalan bagi Tuhan, Tuhan sendiri lebih dulu menyiapkan jalan bagi umat-Nya. “Sebab Allah memerintahkan supaya diratakanlah segala gunung yang tinggi dan segenap bukit abadi dan supaya ditimbuslah sekalian jurang menjadi tanah yang rata, sehingga Israel dapat berjalan dengan aman di bawah naungan kemuliaan Allah”. “Sebab Israel akan dituntun dengan sukacita oleh Allah, oleh cahaya kemuliaan-Nya, dan dengan belas kasihan dan kebenaran-Nya.” Firman ini ditujukan untuk kita juga hari ini.

  1. ‘Adventus’ artinya kedatangan. Kita menantikan kedatangan Tuhan dalam diri Yesus Almasih. Tetapi sebaliknya juga benar: Tuhanlah yang senantiasa menantikan kedatangan kita yang tersesat, orang yang lemah dan berdosa, pulang kembali ke dalam rangkulan belaskasih-Nya.

  1. DOA + Datanglah Yesus Almasih datanglah ke tengah kami dan hantarlah kami kembali ke dalam dekapan kasih Bapa yang setia menanti + Amin.