Sari Firman MINGGU 23 “EFATA”, “TERBUKALAH”.

Pater Leo Kleden SVD

Bacaan Injil Markus  7: 31-37

  • Nabi Yesaya meramalkan keselamatan di zaman Almasih: “Lihatlah, Allahmu akan datang…Ia sendiri datang menyelamatkan kamu. Pada waktu itu mata orang buta akan dicelikkan, dan telinga orang-orang tuli akan dibuka. Orang lumpuh akan melompat seperti rusa, dan mulut orang bisu akan bersorak-sorai. ” Semua ini terjadi karena keselamatan Tuhan memancar seperti mata air di gurun sunyi, mengalir seperti sungai di padang belantara. (Yes 35:4-7).

    Injil mengisahkan pemenuhan nubuat Yesaya dalam hidup dan karya Yesus. Nas Markus 7:31-37 menceritakan bagaimana Yesus menyembuhkan orang tuli dan bisu. Yesus memasukkan jari-Nya ke telinga orang tuli dan menyentuh lidahnya yang bisu dan bersabda: “EFATA!” artinya “TERBUKALAH!” Maka terbukalah telinga orang itu dan terlepaslah ikatan lidahnya dan ia pun mulai berbicara dengan baik. Orang2 takjub dan berkata: “Ia menjadikan segala-galanya baik. Yang tuli dijadikan-Nya medengar, yang bisu dibuat-Nya berbicara.”

    Mukjizat Yesus punya arti yang lebih dalam: Hanya orang yang sudah dibuka telinganya dalam iman untuk mendengar Firman, akan sanggup membuka mulutnya untuk memuji kebesaran Tuhan dan mewartakan karya penyelamatan-Nya.

    Rasul Yakobus meneruskan ajaran Sang Guru dan menghimbau agar mata iman kita pun terbuka untuk melihat kehadiran Tuhan dalam diri orang miskin dan memberinya tempat yang layak di tengah umat. Karena “Allah telah memilih orang2 yang dianggap miskin oleh dunia ini untuk menjadi kaya dalam iman dan ahli waris Kerajaan yang dijadikan-Nya.” (Yak 2:1-5).

    DOA

    + Tuhan, bukalah telinga kami untuk mendengar Firman-Mu, bukalah mata kami untuk mengenal Engkau dalam wajah sesama yang miskin,  dan bukalah mulut kami untuk menyanyikan madah pujian dan mewartakan kabar sukacita-Mu pada dunia + Amin

    SARI FIRMAN dan salam kali ini saya kirim dari rumah tempat kelahiran ST. YOSEF FREINADEMETZ di Oies, wilayah pegunungan Tirol, Italia Utara.

    Salam kasih dan doa untukmu semua