Sahabat di balik Jeruji

http://kabarmisionaris.com/sahabat-di-balik-jeruji-2.html

http://kabarmisionaris.com/sahabat-di-balik-jeruji-2.html

Apa kerinduan paling besar dari mereka yang puluhan tahun tinggal di penjara? Keluar dari penjara? Brooks, yang diperankan oleh James Whitmore, dalam film shawshank redemption (film berdurasi 2,5 jam) hampir saja membunuh rekannya yang menyampaikan kabar gembira itu, bahwa dirinya dibebaskan dari penjara.

Red (diperankan Morgan Freeman), salah satu rekan senior dalam penjara menyebutkan bahwa Brooks sudah terlalu lama tinggal di penjara, ia sudah diakui sebagai senior di penjara, dan ia merasa berharga berada di antara rekan-rekan narapidana.

Keluar dari penjara bukan hal yang membahagiakannya. Pernyataan Red ini terbukti. Tiap malam bagi Brooks adalah malam yang panjang dan menakutkan saat ia dibebaskan. “I have trouble sleep at the night and I have bad dream, wake up scared, I decide not to stay.”

Ia tak punya keluarga, kenalan, atau sahabat yang mengerti dan menghargainya di usia seperti itu. Tak lama berselang, Brooks dikabarkan menggantung diri di kamar sewaannya.

Sebaliknya, Red, saat dibebaskan, dalam usia yang juga sudah tidak produktif lagi,  sempat mengalami perasaan yang sama seperti Brooks. Pisau dan tali yang digunakan Brooks kini ada di tangan Red. Red hampir melakukan apa yang dilakukan Brooks, tetapi ia ingat pada seorang sahabat Andy Dufresne, pria yang penuh optimisme, melarikan diri dari penjara dan meminta Red untuk pergi ke alamat yang sudah ia kirim.

Ada satu penggalan surat Andy yang menyentuh Red, “Remember friend, hope is a good thing and maybe the best of things. I will be hoping this message finds you, and finds you well.” Red melepaskan tali dan pisau itu lalu segera berangkat ke alamat yang sudah ditulis Andy.

Harapan  adalah anugerah yang menggerakkan Red dan Red pergi bukan hanya karena Andy, tetapi melalui Andy, sahabatnya, ia percaya bahwa Tuhan mengasihinya.

Nyanyikanlah nyanyian baru bagi Tuhan, sebab ia telah melakukan perbuatan-perbuatan yang ajaib; keselamatan telah dikerjakan kepadaNya oleh lenganNya yang kudus. (Mazmur 98:1)  (Bill Halan)