Romo Ewaldus Martinus Sedu PR: Uskup Ketiga Keuskupan Maumere

 

Kabar sukacita datang dari Pimpinan Gereja Katolik di Roma, yang telah mengangkat Romo  Ewaldus Martinus Sedu Pr dalam tugasnya sebagai Vikaris Jenderal Keuskupan Maumere menjadi Uskup Keuskupan Maumere. Pengunguman resmi ini dinyatakan pihak Vatikan pada hari Sabtu 14 Juli 2018, pukul 12.00 waktu vatikan. Sebelumnya, Keuskupan Maumere digembalai oleh Mgr. Gerulfus Kherubim Pareira SVD.

Romo Ewaldus Martinus Sedu Pr dengan demikian menjadi uskup ketiga dari Keuskupan Maumere. Keuskupan Maumere terbentuk pada tahun 2005 dengan Uskup pertama dari Keuskupan Maumere adalah Mgr. Vincentius Sensi Potakota Pr. Dua tahun kemudian, tahun 2007, Mgr. Vincentius diangkat menjadi Uskup di Keuskupan Agung Ende sampai sekarang. Sedangkan Keuskupan Maumere berpindah pimpinan ke tangan Mgr. Kherubim Pareira SVD. Pada usianya yang ke 75, Mgr Kherubim Pareira SVD, mengirimkan surat pengunduran dirinya ke Pimpinan Gereja Katolik Roma. Setelah diterima permohonan pengunduran dirinya, sebagaimana lazimnya, ia mengirim tigas calon uskup kepada Tahta Suci melalui Dubes Vatikan di Jakarta. Calon pengganti itu berasal dari imam projo dan bukan projo. Imam yang diangkat menjadi uskup Keuskupan Maumere adalah Romo Ewaldus Martinus Sedu Pr.

Romo Ewaldus Martinus Sedu Pr lahir di Bajawa pada tanggal 30 Juli 1963. Terhitung sejak pemilihannya, 16 hari lagi, Romo Ewald akan memasuki usia 55 tahun. Alumni Seminari Menengah St. Yohanes Berkhmans Mataloko ini ditabiskan menjadi imam pada tanggal 07 Juli 1991. Sebelum mengemban tugas sebagai Vikaris Jenderal, Romo Ewald menjalankan tugas sebagai Pastor Paroki, Formator di Seminari Tinggi St. Petrus Ritapiret, serta Dosen STFK Ledalero. Mari kita mendoakan uskup baru kita.

 

foto dari akun FB: F Rahardi