Pastor Yustin Toda, SVD Dalam Kenangan

http://kabarmisionaris.com/pastor-yustin-toda-svd-dalam-kenangan.html

Pastor Bernard Blolong, SVD di samping kubur Pastor Yustin Toda, SVD

Pada tanggal 19 Februari 2016, Pastor Felix Baghi, SVD, menulis demikian di wall akun facebooknya “20 Pebruari RIP P. Yustin Toda SVD. Dia adalah misionaris SVD di Afrika, tepatnya di Ghana. Dia meninggal pada tanggal 20 Pebruari di tanah misi, pada saat dia sedang melayani umatnya.

Datang dari wilayah Ngada, missionaris ini berangkat ke Ghana untuk mengabdi. Dia memberi diri sampai tuntas dan meninggal dengan damai di tengah umatnya. Kecintaannya pada umat membakar semangatnya sampai tuntas dalam melayani dan memberi diri. Gembala yang baik adalah dia yang memberi nyawanya bagi domba dombanya.

Sebagai konfrater SVD kami menyebut namanya setiap tgl 20 Pebruari dalam doa dan misa.”

Satu hari kemudian, sesudah membaca tulisan Pastor Felix Baghi, SVD, saya menjumpai foto Pastor Bernard Blolong, SVD bersama Pastor Goris Bos, SVD yang  sedang mengunjungi makam Pastor Yustin Toda, SVD di Ghana, dalam wall akunfacebook mereka. Rupanya hal ini sudah menjadi kebiasaan para misionaris, khususnya di Ghana untuk tidak melupakan saudaranya, sesama misionaris.

Sekedar informasi bahwa  kisah tentang Pastor Yustin Toda, SVD di Ghana direkam baik oleh Pastor Goris Bos, SVD, sehingga kunjungan Pastor Goris Bos, SVD  ke makam Pastor Yustin, SVD, tidak sekedar ritual tahunan biasa. Pastor Goris Bos, SVD sudah pernah tinggal bersama almarhum Pastor Yustin Toda, SVD dan saat beliau berkarya di Ghana.

Menurut informasi dari Pastor Bernard Blolong, SVD, jumlah misionaris Indonesia yang dikuburkan di Ghana 4 orang: dua dari Flores, dan dua dari Jawa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *