Mengenang Natal dalam Keluarga Muslim

Pengantar: Felix Fernandez, mantan Bupati Flores Timur (2000-2005), bersama istrinya Elli Muchtar dikaruniai Tuhan empat orang anak. Mereka adalah  Monik, Olive, Rizky dan Yasmine. Di dalam keluarga ini, Felix Fernandez, sang kepala keluarga, menganut agama katolik sedangkan istri dan keempat orang anaknya menganut agama Islam. Dalam perbedaan pilihan agama itu, anak-anak bertumbuh menjadi muslim yang taat sekaligus mereka menghargai perbedaan pilihan agama dengan sang ayah. Pada hari Natal, Monik (dosen FISIP UI) mengenang sang ayah yang sudah tutup usia (meninggal) pada hari Rabu 23 Maret 2016, dalam catatan pribadinya. Pihak KMC sudah mendapat izin untuk memposting tulisan Monik. Berikut Monik menulis:

Waktu saya kecil, saya gak paham Natal itu apa, yang pasti hingga saya kelas 6 SD setiap bulan Desember selalu ada pohon natal kecil di rumah kami. Setelah itu, sayangnya tidak pernah ada lagi …

Bila Natal tiba, ayah saya Felix Fernandez selalu punya cara memberikan kado Natal. Ooo caranya bukan ditaruh di bawah pohon seperti di film-film itu, tapi ia akan menyuruh kami tidur siang.

Sebelum tidur siang, masing-masing anak harus menghias kotak sepatu dengan rumput untuk jadi makanan rusa Sinterklas. Kalau mau Sinterklas datang dan memberi hadiah, maka kita harus sediakan rumput untuk rusanya. Jadilah, saya mencari rumput dengan semangat ’45 untuk ditaruh di bawah kolong tempat tidur.

Begitu bangun tidur siang, rumput sudah hilang dan di dalam kotak sepatu akan ada sepatu baru, atau hadiah lainnya yang berbeda tiap tahun. Ayah saya menjadikan Natal begitu menyenangkan tanpa pernah memaksa kami untuk merayakannya dengan pergi ke gereja atau menjadi seorang Katolik sepertinya.

Buat saya yang tidak merayakan Natal sebagai peristiwa keagamaan, semangat Natal adalah tentang pengingat untuk selalu mencintai keluarga, bersyukur, memaafkan dan memaklumi diri sebagai manusia yang banyak khilaf, sekaligus mengasihi sesama manusia tanpa pandang bulu.

Selamat Natal untuk seluruh keluarga besar Fernandez, semua tante om sepupu, kerabat, sahabat, teman dan seluruh handai taulan Fb yg merayakannya … Ho Ho Ho … #ElusPerut #MissingMyDad

Selamat natal juga untuk semua Sahabat Ra Djoet yang merayakan …