Universitas Harvard Rayakan Riset Unik

http://kabarmisionaris.com/universitas-harvard-rayakan-riset-unik.html

http://kabarmisionaris.com/universitas-harvard-rayakan-riset-unik.html

Keunikan ilmu pengetahuan dirayakan di Harvard University, Amerika Serikat, pekan lalu, dalam penganugerahan tahunan pemenang nobel ke 26.

Dua warga Inggris, Charles Foster dan Thomas Thwaites, berbagi hadiah pada kategori Biologi. Foster melakukan eksperimen dengan hidup di alam liar seperti seekor berang-berang, termasuk menggali tanah untuk tidur dan makan cacing. Sedangkan Thwaites membuat kaki palsu untuk tangannya (sehingga ia seolah-olah memiliki empat kaki) agar ia bisa berjalan seperti kambing lalu  ia hidup bersama kambing gunung di pegunungan Alpen selama tiga hari di pegunungan Alpen.

Penghargaan diberikan untuk merayakan hal yang tidak biasa, menghargai imajinasi, dan mendorong ketertarikan orang pada ilmu pengetahuan,” kata March Abrahams penyelenggara kegiatan ini.

Hadiah untuk kategori reproduksi diberikan kepada almarhum Ahmed Shafik dari Cairo University, Mesir, yang mengenakan celana pada tikus dan meneliti pengaruh bahan celana itu pada kehidupan seks tikus. Adapun dua peneliti Jepang Atsuki Higashiyama dan Kohei Adachi, memenangi kategori persepsi tentang bagaimana benda terlihat berbeda jika orang membungkuk dan melihatnya dari sela kaki. Unik, bukan?

Keunikan para peneliti ada pada kreativitas, tetapi lebih dari itu, mereka setia pada pilihan yang sudah mereka tentukan. Kesetiaan inilah yang menjadi kunci keberhasilan penelitian mereka.

“Barangsiapa setia kepada perkara-perkara kecil ia setia juga pada perkara-perkara besar” (Luk 16:10). (Hans Asa)

Sumber informasi kompas, Jumat 30/9/2016