Sari Firman: MINGGU PASKAH 2

Pater Leo Kleden, SVD

Yoh 20: 19-21

“MINGGU KERAHIMAN ILAHI”

  1. Sedang Murid-murid ketakutan dalam ruang tertutup, Yesus datang ke tengah mereka dan berkata: “Damai sejahtera bagi kamu”. Lalu Ia menunjuk bekas-bekas luka-Nya sebagai meterai penebusan: Dia yang bangkit adalah Dia yang telah menderita dan wafat di kayu Salib itu.
  1. “Damai sejahtera bagi kamu (syalom)” adalah anugerah Paskah pertama dari Kristus yang bangkit. Lalu Yesus menghembus atas mereka dan berkata: “Terima Roh Kudus”. Roh Kudus, Nafas Hidup Ilahi, adalah anugerah kedua. Dan yang ketiga ialah pengampunan dosa sebagai buah penebusan-Nya: “Barangsiapa kamu ampuni dosanya, dosanya diampuni”.
  1. Anugerah-anugerah Paskah ini diberi bukan hanya untuk diri kita sendiri, melainkan demi sebuah tugas perutusan: “Sama seperti Bapa mengutus Aku, demikian sekarang Aku mengutus kamu”. Inilah bagian yang paling menakjubkan dari warta Paskah minggu ini. Bagaimana mungkin Yesus berani mempercayakan perutusan-Nya kepada Murid-murid yang sudah mengkhianati, menyangkal dan lari meninggalkan Dia? Ini hanya mungkin krn kekuatan Roh Kudus, serta damai sejahtera dan pengampunan yang sudah diberikan sebagai tanda KERAHIMAN ILAHI.
  1. Karena pembaruan Roh itulah Thomas yang bimbang sanggup mengucapkan puncak pengakuan iman: “TUHANKU & ALLAHKU”. Dalam dua kata ini tercakup seluruh permohonan ampun dan belaskasih, pengakuan iman dan sembah bakti, pernyataan kasih dan penyerahan diri: “TUHANKU & ALLAHKU”.
  1. DOA:

+ Baruilah kami dalam RohMu yang kudus untuk menjadi saksi Kebangkitan dan Pewarta Kabar Sukacita-Mu, TUHANKU & ALLAHKU + Amin