SARI FIRMAN: PESTA TRITUNGGAL MAHAKUDUS

 

Pater Leo Kleden SVD

Mat 28:16-20

1.  Kristus yang penuh kuasa mengutus murid-muridNya untuk mewartakan Kabar Gembira kepada segala bangsa dan menjadikan mereka pengikut-pengikut Kristus. Inilah pengutusan universal yang tidak mungkin dilaksanakan murid-murid yang sederhana itu, kecuali melalui kekuatan Roh Tuhan sendiri yang dianugerahkan dalam mukjizat Pentekosta.

2. “Baptislah mereka dalam nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus”. Dibaptis artinya ditenggelamkan ke dalam misteri hidup Tritunggal Mahakudus dan mengambil bagian dalam hidup ilahi itu.

3. Dengan demikian kita mengalami ALLAH MAHAESA itu melalui pewahyuan Misteri Mahaagung Kahadiran-Nya dalam Tiga Pribadi Ilahi:  a. Allah Bapa sebagai Sang Pencipta, Sumber Hidup, dari mana kita berasal dan ke mana kita pergi. b.  Allah Putra sebagai Penyelamat, yang mengambil bagian dalam nasib manusia, menderita sengsara, wafat dan bangkit untuk menebus kita semua. c.  Allah Roh Kudus, Roh Cintakasih, yang menguduskan kita sebagai anak-anak Allah dan yang menyanggupkan kita hidup menurut ajaran Yesus.

4. “Aku menyertai kamu senantiasa sampai akhir zaman”. Inilah jaminan penyertaan Kristus bagi perutusan Gereja sepanjang sejarah, dan menjadi sumber kekuatan dan kegembiraan kita murid-murid-Nya.

5. DOA

+ Tuhan, kuduskan kami selalu dalam Nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus dan jadikanlah kami pewarta Kabar Sukacita bagi dunia + Amin