Sari Firman: PENTEKOSTA

Pater Leo Kleden, SVD

Bacaan:

Kis 2:1-11, Yoh 15:26-27; 16:12-15

“Veni Sancte Spiritus”

1. Yesus yang telah naik ke surga tidak meninggalkan kita yatim piatu tetapi Ia menjanjikan Roh Kudus yang disebut-Nya Penghibur dan “Roh Kebenaran yang akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran”.

2. Apa yang dijanjikan Kristus terpenuhi pada Hari Pentekosta. Roh Kudus turun dalam 3 tanda besar:

a.Deru badai yang tidak menghancurkan tapi menghidupkan, karena Dialah Nafas Ilahi yang menghembuskan musim baru ke tengah semesta dan melahirkan Gereja, Umat Allah. Karena itulah St. Arnold Janssen menyebut Roh Kudus “musim semi abadi”, yang senantiasa melahirkan hidup baru dan memekarkan kekudusan di tengah umat beriman.

b. Nyala api yang tidak menghanguskan tapi menerangi, menghangatkan, dan menguduskan karrna itulah nyala kehadiran Ilahi yang pernah dilihat Musa dalam belukar duri yang menyala tapi tidak terbakar.

c. Kabar Gembira didengar dalam aneka bahasa yang tidak mengacaukan tapi menyatukan karena Dialah Roh Cintakasih yang menyatukan umat manusia yang tercerai berai dalam Kasih-NYA. “Bahasa satu-satunya yang dimengerti umat manusia dari segala bangsa ialah bahasa kasih” kata St. Yosef Freinademetz.

  1. DOA

“Veni Sancte Spiritus”

“Datanglah Roh Kudus”.

Amen