Sari Firman: Minggu Prapaskah 3

Pater Leo Kleden SVD

 

Teks Injil: Yoh 2:13-25 “Yesus Menyucikan Bait Allah”.

  1. Yesus mengusir pedagang-pedagang yang menjual hewan kurban di pelataran kenisah dan menjungkir-balikkan meja para penukar uang. Karena dalam praktik perdagangan di kenisah itu terjadi banyak penipuan dan manipulasi untuk mengeruk keuntungan sebesar-besarnya dari para peziarah.
  2. Dengan tindakan-Nya yang keras ini Yesus mau membersihkan Kenisah sebagai Ruang Doa, tetapi lebih lagi Ia mau membersihkan Ruang Batin manusia dari keserakahan dan kejahatan yang terjadi justru di lingkup ibadah.
  3. Untuk mempertanggungjawabkan kewenangan-Nya, Yesus berkata: “Rombaklah Bait Allah ini dan dalam tiga hari Aku akan mendirikannya kembali”. “Yang dimaksudkan-Nya dgn Bait Allah ialah Tubuh-Nya sendiri”.
  1. Kelak Rasul Paulus menegaskan: “Tidak tahukah kamu bahwa kamu adalah Bait Allah dan bahwa Roh Allah diam di dalam kamu? … Sebab Bait Allah adalah kudus dan Bait Allah itu kamu” (1Kor 3: 16-17).

Dengan ini kita diberi tahu bahwa rumah Allah yang sejati tidak dibangun dari batu dan semen, melainkan dari Umat beriman yang dihimpun keliling Yesus, Putra Allah yang hadir di tengah kita.

  1. DOA

+ Tuhan, sucikanlah diri kami jadi Bait Allah yang kudus untuk-Mu + Amin

2 Comments
  1. 3 bulan ago
    Incen nardi

    Terima kasih Opu…buat Sari Firman prapaskah minggu ke 3. mengingatkan kami sekeluarga untuk sllu membersih diri kami dr sgl macam dosa dan kejahatn. Smpaikan Salm Sang Sabda buat P. Leo, SVD.

    Balas
    • 3 bulan ago
      bill halan

      Sama-sama Incen semoga sari firman memberi kesejukkan dalam keluarga

      Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *