Sari Firman: Minggu Prapaskah 2

Pater Leo Kleden SVD

Injil Markus 9:2-10

1) Yesus naik ke gunung tinggi bersama tiga murid-Nya. ‘Gunung’ bukan hanya sekadar keterangan tempat, melainkan juga lambang situasi di mana kita menjaraki kesibukan harian dan naik ke dimensi rohani yang lebih tinggi.

2)Dari puncak gunung tampak pemandangan indah yang tak terlihat dari dataran. Juga dari dimensi rohani yang lebih tinggi, murid-murid melihat wajah Yesus yang bersinar cemerlang, yang belum pernah mereka lihat sebelumnya.

3) Dalam peristiwa ini Yesus mewahyukan dua hal: a. Keagungan wajah Putra Allah b. Keindahan wajah manusia yang dicipta menurut citra Allah.

4) Suara Bapa dari surga memberi kesaksian: “Inilah Anak yang Kukasihi, dengarkanlah Dia”. Mendengarkan Yesus berarti menaati firman-Nya dan mengikuti teladan hidup-Nya.

5) “Rabi, betapa bahagianya kami di tempat ini…”, kata Petrus. Saat itu ia belum tahu bahwa Almasih harus menderita dan wafat sebelum masuk ke dalam kemuliaan-Nya. Maka Yesus mengajak mereka turun gunung dan meneruskan perjalanan ke Yerusalem.

6) DOA + Tuhan, sinarilah kami dengan cahaya wajah-Mu dan tuntunlah kami mengikuti Engkau, lewat jalan Salib menuju Kebangkitan + Amin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *