SARI FIRMAN: MINGGU BIASA 31

      Pater Leo Kleden SVD

Bacaan:Ul. 6:2-6, Mrk. 12:28-34

“Perintah Utama”

  1. Dalam wasiatnya kepada umat Israel Musa menyampaikan firman:”Dengarlah hai orang Israel: Tuhan itu Allah kita, Tuhan itu esa! Kasihilah Tuhan Allahmu dengan segenap hatimu, dengan segenap jiwamu, dan dengan segenap kekuatanmu”.

  1. Firman ini begitu penting, sehingga dalam Ul. 6:6-9 Musa selanjutnya berpesan agar firman ini harus diperhatikan dan diajarkan turun-temurun; harus diikatkan pada tangan untuk menuntun karya baktimu, pada dahi untuk mengilhami budi dan hatimu, pada pintu untuk menuntun jalanmu, pada gerbang untuk menyambutmu pulang ke rumah dalam damai sejahtera.

  1. Dalam Injil hari ini Yesus untuk pertama kalinya dalam sejarah keselamatan menyatukan dua sisi dari satu amanat kasih: Kasih akan Tuhan dan kasih kepada sesama. “Kasihilah Tuhan Allahmu dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu dan dengan segenap kekuatanmu. Dan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.”

  1. Karena Allah itu esa maka kita semua adalah makhluk ciptaan-Nya, anak-anak yang lahir dari Rahim Kehidupan yang sama. Karena itulah siapa yang mencintai Tuhan, harus mencintai saudara-saudarinya juga. Maka kelak dalam pengadilan terakhir setiap tindakan kasih terhadap sesama akan diperhitungkan sebagai bukti cinta kita pada Tuhan.

  1. DOA

+ Yesus Tuhanku,

Engkaulah Sang Sabda, Cinta Allah yang telah menjelma dan tinggal di tengah-tengah kami. Nyalakanlah hati kami dengan Api Kasih Roh Kudus-Mu agar kami sanggup mencintai Tuhan dengan segenap hati serta mengamalkan kasih yang nyata kepada sesama di sekitar kami + Amin