Sari Firman Minggu Biasa 16

Bacaan: Yer 23:1-6, Mrk 6:30-34

  1. Melalui Yeremia Tuhan mengecam gembala-gembala jahat yang membiarkan domba-domba hilang dan tercerai berai.
  2. Tuhan sendiri akan menghimpun kembali kawanan domba-Nya, menghantarnya ke padang rumput dan mengangkat gembala-gembala yang baik untuk menjaga mereka.
  3. Lalu di tengah mereka Tuhan menumbuhkan “Tunas Adil bagi Daud” yang akan memimpin umat-Nya dengan adil dan bijaksana. Nubuat ini terpenuhi dalam diri Yesus Almasih.
  4. Nas Injil Markus mengisahkan bagaimana sibuknya Yesus melayani umat: “Begitu banyaknya orang yang datang dan pergi, sehingga makan pun mereka tidak sempat.”
  5. Karena itu Yesus mengajak murid-muridNya: “Marilah ke tempat yang sunyi supaya kita sendirian dan beristirahatlah sejenak”. Mereka pun naik perahu, menyeberang danau untuk pergi ke tempat sunyi.
  6. Tetapi ketika mendarat, banyak orang sudah menanti. “Maka tergeraklah hati-Nya oleh belaskasihan sebab mereka seperti domba yg tidak mempunyai gembala.” Dan Yesus Gembala yang baik itu melayani mereka, sekalipun Dia sendiri sangat letih.
  7. DOA

+ Yesus Gembala yang baik, lanjutkanlah karya penyelamatan-Mu dalam diri kami dan jadikan kami tanda belaskasih-Mu pada dunia + Amin