Sari Firman: Minggu Biasa 11 Kerajaan Allah

Bacaan: Markus 4:26-34

Dalam Nas Injil ini Yesus mengisahkan Kerajaan Allah (KA) dalam dua perumpamaan:

  1. Seorang petani menabur benih. Tetapi daya tumbuh sampai menghasilkan buah tidak diatur oleh petani, melainkan oleh daya hidup yang diberikan Pencipta dalam benih itu sendiri. Demikianlah hal Kerajaan Allah. Para pewarta menaburkan benih firman, tapi Tuhanlah yang memberikan daya tumbuh sampai menghasilkan buah.
  2. Kerajaan Allah itu ibarat biji sesawi yang sangat kecil namun ia tumbuh menjadi besar dan burung-burung bersarang di naungannya. (Dlm konteks Indonesia mungkin bisa digunakan ibarat benih beringin yang sangat kecil tapi bisa tumbuh jadi pohon raksasa). Demikianlah hal Kerajaan Allah yang diwartakan Yesus. Awalnya amat kecil dan sederhana tapi menjadi besar tempat bernaung segala bangsa yang mencari keselamatan.
  3. Semua perumpamaan Kerajaan Allah berkisah tentang hal-hal yang biasa, tapi Yesus menunjukkan hal yang LUAR BIASA terjadi dalam hal-hal yang biasa itu. Maka mengalami Kerajaan Allah itu seperti kemampuan melihat riwayat rimba dalam sebutir benih kecil, atau membaca rahasia langit dan lautan dalam setitik embun pagi. “Berbahagialah mata yang melihat apa yang kamu lihat” (Luk 10:23).
  4. DOA

+ Tuhan, bukalah mata iman kami untuk melihat rahasia Kerajaan Allah di tengah-tengah kami + Amin