Sari Firman: Kenaikan

Leo Kleden, SVD

Kis 1:1-11, Mrk 16:15-20

  1. Yesus kembali kepada Bapa dan mempercayakan seluruh tugas perutusan-Nya kepada para murid. Bagaimana mungkin Yesus berani mempercayakan karya agung-Nya kepada orang-orang yang begitu sederhana, lemah dan rapuh? Hal ini hanya mungkin dalam kekuatan Roh Kudus. “Kamu akan menerima kuasa, bila Roh Kudus turun ke atas kamu dan kamu akan menjadi Saksi-Ku di Jerusalem…sampai ke ujung bumi”.
  1. “Hai orang-orang Galilea, mengapa kamu berdiri menatap ke langit?” Malaikat menegur murid-murid (menegur kita) yang tercengang menatap langit, agar kembali kepada tugas perutusan konkret setiap hari di dunia. Kitalah sekarang menjadi Saksi Kristus, pernyataan belaskasih Tuhan bagi sesama. Dan Tuhan berjanji menyertai kita tiap hari sampai akhir zaman.
  1. Dalam Injil kita dengar amanat Tuhan yang paling universal. Teks aslinya berbunyi: “Pergilah ke seluruh kosmos, dan wartakanlah Kabar Gembira kepad segala makhluk”. Kabar Gembira itu memang ditujukan pertama-tama kepada manusia, tetapi melalui manusia semesta. ciptaan (kosmos) harus ditransformasi menuju “langit baru dan bumi baru” (Why 21), lambang keselamatan universal pada akhir zaman.
  1. DOA

+ Kuduskan kami dalam Roh-Mu, ya Tuhan, untuk menjadi Saksi Kasih-Mu bagi sesama dan pewarta Kabar Gembira kepada segala makhluk + Amin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *