Perbedaan antara Gus Dur dan SBY

http://kabarmisionaris.com/perbedaan-antara-gus-dur-dan-sby.html

http://kabarmisionaris.com/perbedaan-antara-gus-dur-dan-sby.html

Hanya dua tahun berkuasa (1999-2001), Presiden Abdurrahchman Wahid (Gus Dur) melakukan 10 perubahan, sebaliknya hampir 10 tahun memimpin (2004-2014), Presiden SBY baru menggulirkan dua perubahan, demikian Rheinald Kasali menulis. (Kasali: 2014)

Menurutnya Gus Dur, bisa menggulirkan sekian banyak perubahan karena ia memiliki keberanian, sedangkan SBY lebih memilih untuk mengalah dan melakukan kompromi. Ini juga yang menjadi alasan mengapa usia kepemimpinan Gus Dur lebih singkat dibandingkan dengan SBY.

Gus Dur mendapat banyak perlawanan dan gejolak karena perubahan yang dibuat. Perlawanan datang dari orang-orang yang berpikiran lama, ingin mempertahankan kekausaan, wewenang dan rasa nyaman. Hal ini yang dihindari SBY, tidak mau kalau ada konfrontasi.

Tentang keputusan untuk melakukan perubahan serta sikap terhadap perubahan (adaptif) kita ingat nasehat Tuhan Yesus demikian,

“…Apabila kamu melihat awan naik di sebelah barat, segera kamu berkata: Akan datang hujan dan hal itu memang terjadi. Dan apabila kamu melihat angin selatan beritup, kamu berkata: hari akan panas terik, dan hal itu memang terjadi. Hai orang-orang munafik, rupa bumi dan langit kamu tahu menilainya, mengapakah kamu tidak dapat menilai zaman ini?” (Luk 12:54-56)

Zaman ini berubah dan kita pun dituntut untuk berubah dan tahu langkah mana yang harus segera diambil.

“Seorang pemenang akan mencari cara menyelesaikan masalah, orang-orang kalah sibuk mencari alasan. Perubahan memang belum tentu menjadikan sesuatu leibh baik. Akan tetapi tanpa perubahan tak akan ada pembaharuan, tak akan ada kemajuan,” Kasali menambahkan. (Bill Halan )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *