Mengapa Siswa Mengerjakan PR di Sekolah?

pr-rumah

Seorang guru dikabarkan menghukum siswanya karena siswa tersebut mengerjakan PR (Pekerjaan Rumah) justru di sekolah, tepatnya pada saat pelajaran berlangsung. Kemarahan sang guru bertambah (?) sesudah mendapat jawaban unik dari siswanya.

Guru: Anda tahu apa itu PR?

Siswa: Ya, bu Pekerjaan Rumah

Guru: Kalau begitu kenapa PR dikerjakan di sekolah?

Siswa: Gimana ya Bu…..Sekolah ini udah aku anggap rumah sendiri

Guru: ???????

Para guru tentu tahu bagaimana caranya menahan rasa lucu di hadapan para siswa biar tetap tampak serius dan berwibawa.

Dunia pendidikan selalu kaya akan pengalaman karena yang dihadapi adalah manusia yang multidimensi. Untuk itu para guru perlu mendengar masukan dari rekan lain dengan penuh kerendahan hati dan sukacita agar tidak salah membuat keputusan, sebab untuk menghadapi para siswa, kita perlu memiliki kesabaran ganda.

Paulus menasehatkan:

“Jadi karena dalam Kristus ada nasehat, ada penghiburan kasih, ada persekutuan Roh, ada kasih mesra dan belas kasihan, karena itu sempurnakanlah sukacitaku dengan ini: hendaklah kamu sehati sepikir, dalam satu kasih, satu jiwa, satu tujuan, dengan tidak mencari kepentingan sendiri atau puji-pujian yang sia-sia. Sebaliknya hendaklah dengan rendah hati yang seorang menganggap yang lain lebih utama dari daripada sendiri dan janganlah tiap-tiap orang hanya memperhatiakan kepentingannya sendiri, tetapi kepentingan orang lain juga.” (Filipi 2: 1-4) (Bill Halan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *