In Memoriam Pater Lawrence Joseph Hambach, SVD

http://kabarmisionaris.com/in-memoriam-pater-lawrence-joseph-hambach-svd.html

http://kabarmisionaris.com/in-memoriam-pater-lawrence-joseph-hambach-svd.html

Berita duka datang dari bukit sandar matahari, Ledalero-Maumere-Flores. Pater Hubert Tenga, SVD, Sekretaris Misi Provinsi SVD Ende menginformasikan secara resmi bahwa salah satu misionaris SVD, Pater Lawrence Joseph Hambach, SVD meninggal dunia.

Pater Lawrence berpulang ke pangkuan Allah Bapa yang Maharahim dengan tenang pada hari Jumat tanggal 28 Oktober 2016, jam  01.30 dini hari di  Biara Simeon, Ledalero, Maumere.

Pater Lawrence lahir di Ohio, 18 Juni 1933 dari pasangan Lawrence Hambach Sr. (ayah) dan Rose Zukal (ibu).

Berikut riwayat singkat pendidikan Pater Lawrence

  • Tamat Elementary School pada tahun 1947 di Canton
  • Junior and Senior High School di Girard, Pennsylvania, tamat tahun 1951.
  • Pater Lawrence melanjutkan pendidikan di Seminari Divine Word College, Epworth, Iowa sejak tahun 1951 s/d 1961.
  • Ia ditabiskan menjadi imam pada tahun 1962

Sebagai misionaris, Pater Lawrence diutus untuk bermisi di Indonesia, tepatnya di pulau Flores. Ia tiba di Indonesia pada tanggal 22 Februari 1962 dengan menempuh perjalan panjang dari Amerika Serikat menggunakan Kapal USS President Pierce Franklin

Hampir seluruh hidup Pater Lawrence  diabdikan untuk misi  di wilayah Flores Timur, Keuskupan Larantuka.

Pater Thaliz Atty SVD, pastor yang baru ditabiskan (awal Oktober lalu) mengenang Pater Lawrence, tukang yang sangat teliti itu, sebagai salah satu misionaris yang patut diteladani

“Pater Lawrence mengisi hari-hari tuanya di biara Simeon dengan membuka bengkel khusus untuk menjahit. Selain itu, ia juga membantu memperbaiki perabotan-perabotan rumah jompo yang rusak. Ia bekerja sampai akhirnya duduk di atas kursi roda…. Pater engkau sungguh menginspirasi kami…semoga kami mampu melayani dengan penuh seperti yang telah engkau tunjukkan…Selamat jalan Pater.

Sumber informasi dari P. Hubertus Tenga SVD,Sekretaris Misi Provinsi SVD Ende, Flores, Indonesia dan Pater Thaliz Atty SVD.