HUT RI ke-71 di Colombia

14037744_10209000703526227_1686978009_o

HUT RI Ke-71 dirayakan oleh orang Indonesia di mana saja mereka berada. Masing-masing warga negara merasa bangga akan tanah air tercinta, apalagi mereka harus merayakan Hari Ulang Tahun RI di negara orang. Berikut beberapa kisah menarik dari para misionaris yang menjadi Kontributor Kabarmisionaris di:

Bogota-Colombia Pater Pier Making SVD; Slovakia oleh Pater Hans Dedy Ton SVD, Portugal Diakon Viva SVD, dan Roma Vatikan oleh Pater Bernard Blolong SVD. Untuk melengkapi tulisan, Admin Kabarmisionaris.com (Bill Halan) memberi informasi tambahan untuk memperkaya berita

Kontributor Kabarmisionaris Colombia:Pater Pier Making SVD

Dalam rangka merayakan HUT Kemerdekaan RI ke-71 di Colombia, Kedutaan Besar Republik Indonesia mengadakan upacara bendera yang berlangsung di Wisma Duta Indonesia di Bogotá-Colombia. Hadir dalam upacara tersebut, para pegawai kedutaan bersama Ibu Duta, para frater, dan Diakon Scalabrinian Flores-Indonesia, para pastor SVD, dan salah seorang TKI asal Medan.

Sungguh menjadi suatu kebahagian bagi kami karena kami dapat berkumpul dan merayakan upacara bendera dengan resepsi sederhana ala Indonesia. Merayakan 17 Agustus di luar negeri rasanya tidak asing karena ada bersama saudara/i sebangsa dan setanah air. Dan perayaan ini menjadikan kami semakin bangga menjadi putra-putri Indonesia. Kami juga bangga karena bangsa menanamkan nilai-nilai luhur yang memperkaya dan membuat kami leluasa bekerja di Colombia, seperti penghargaan akan keragaman budaya dan agama.

HUT RI dipimpin Ibu Duta RI untuk Colombia, Trie Edi Mulyani. Trie Edi Mulyani adalah perempuan pertama yang menjadi duta besar RI untuk Kolombia. Trie Edi Mulyani dan kelima belas duta besar lain, dilantik pada masa kepemimpinan SBY, tepat pada 03 September 2012. Pada 04 Agustus 2016 lalu, Trie Edi Mulyani menerima penghargaan Cruz al Mérito de la Comunicación Social Iberoamericana Antonio Nariño dari organisasi La Sociedad Colombiana de Prensa y Medios de Comunicación.

Penghargaan ini merupakan tanda kehormatan yang paling populer di Colombia. Penghargaan ini umumnya diberikan kepada orang-orang Colombia atau Warga Negara Asing di Colombia yang memiliki figur baik di masyarakat dan berprestasi dalam hal pembangunan sosial.

Dalam sambutannya, Trie Edi Mulyani mengingatkan para warga Indonesia di Colombia akan tema besar yang menjadi tema peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI yang ke-71, yakni KERJA NYATA. Kepada warga negara Indonesia, khususnya yang bekerja di Colombia, Trie mengharapkan agar warga dapat menunjukan kerja nyata kepada publik.

“Momen perayaan ini harus kita maknai dengan rasa syukur. Dibarengi niat dan komitmen untuk bekerja keras, kita harus bisa berdedikasi tinggi dan bertanggung jawab guna melanjutkan visi misi mulia para pejuang dan pendiri negara. Termasuk, dengan terus memastikan bahwa berbagai nilai sendi-sendi kebangsaan tetap teguh kokoh berdiri dan menjadi bangsa yang berwibawa dan disegani oleh bangsa lain di dunia.”

14012945_10209000703966238_1510164880_o

Ajakan Ibu Duta ini memotivasi kami menjadi menjadi anggota masyarakat yang baik. Sebagai misionaris tentu ajakan ini menjadi masukan bagi kami untuk senantiasa menjadi pembawa sukacita dan kabar gembira bagi siapa saja, khususnya umat yang kami layani.

Selesai upacara bendera, kami mengadakan resepsi bersama yang ditandai dengan pemotongan nasi tumpeng untuk memaknai kebersamaan kami. Suasana penuh kekeluargaan kami rasakan sebagai satu keluarga besar Indonesia. Tak ada pembedaan berdasarkan suku,ras atau agama. Di sini kita, satu sebagai warga negara Indonesia. Dirgahayu Indonesiaku. Jaya selalu. Merdeka!!!!!!!