Hanya Membuat Jelas Soal Perhatian Untuk P. CESLAUS, SVD: oleh P. Fritz Meko SVD

Naskah dan Foto oleh  Pater Fritz Meko SVD

———————
“Ini pastor yg berkarya di pedalaman Florest , yg sdh 86 th dan sekarang sakit shg kaki nya di amputasi tp masih memberikan misa setiap hari .tidak ada pastor pengganti di daerah itu. Dan dia yg membawa koronka ke indonesia , Dia org Polandia. Ayo teman2 bantu dia , di sana umat pedalaman hanya 30 org dan masing2 penyumbang hanya Rp 2000. Sedikitpun sumbangan sangat berarti. Itu yg satu teman saya dan teman nya nining yg bekerja di pedalam Flores.”
————————

Apakah Anda, menerima berita seperti ini? Mohon tidak cepat mengambil kesimpulan seakan SVD ENDE FLORES tidak memperhatikan kesehatan Pastor Celsius, SVD

Tahun lalu, bulan September 2017 Pastor Ceslaus, SVD operasi (amputasi) kaki di RKZ Surabaya. Kami Anggota SVD JAWA yang tinggal di Biara SOVERDI SURABAYA, selalu bergantian membezuk beliau dan dari SVD ENDE mengutus Bruder ABRAHAM, SVD untuk mendampingi beliau. Ini bukti kuat SVD ENDE mencintai dan memperhatikan kesehatan Pastor Ceslaus.

Berita di atas sesungguhnya ditulis oleh salah seorang umat yang merupakan Pimpinan Pabrik Garam, tempat Pastor Ceslaus tinggal.

Beliau punya maksud LUHUR, ingin membantu Pastor Ceslaus. Mulanya berita ini hanya diedarkan untuk anggota Group WA mereka saja, tetapi sayang….. berita ini lalu bocor keluar dan diviralkan secara umum.

Maka dengan ini, walau saya bukan anggota SVD ENDE, tapi hari ini di SOVERDI RUTENG saya bertanya langsung ke PROVINSIAL SVD ENDE (P. Lukas Jua, SVD) dan beliau mengatakan “Selama ini semua urusan kesehatan Pastor Ceslaus, SVD ditanggung penuh oleh SVD ENDE. Jadi jangan sampai ada kesan, seakan SVD ENDE tidak perhatikan Pasror Ceslaus.”

PROVINSIAL mengatakan lagi, “Kalau ada yang ingin bantu Pastor Ceslaus, cukup bantu karya pastoralnya saja, tetapi soal biaya kesehatan itu tanggungan SVD.”

Salam dan Terimakasih.**

* Ru’a – Ruteng, 28 Juli 2018