Fransiscus Piyus Nandika Christianto: Rahasia Sang Pelatih

http://kabarmisionaris.com/fransiscus-piyus-nandika-christianto-rahasia-sang-pelatih.html

http://kabarmisionaris.com/fransiscus-piyus-nandika-christianto-rahasia-sang-pelatih.html

Fransiscus Piyus Nandika Christianto, bukan orang baru dalam dunia paduan suara.  Saat ini ia mendampingi tiga paduan suara selain Universitas Katolik Dharma Cendika (UKDC), yakni GKJW Sidoarjo, Regina Pacis Magetan, dan WM. Pa Nandika, sapaan akrab untuk pelatih paduan suara ini, membeberkan beberapa rahasia sukses membimbing paduan suara.

“Masing-masing orang punya talenta dalam bernyanyi. Tugas kita adalah mengarahkan dan membuat agar talenta itu bisa berkembang. Untuk itu, teknik berlatih  perlu diperhatikan. Saya bisa dengan mudah mendeteksi anggota paduan suara mana yang kesulitan menyanyikan lagu.

Nah, sering para pelatih membiarkan anggota ini dengan harapan nanti dia berkembang. Kalau saya, anggota ini langsung saya ajarkan sampai ia tahu, “ Nandika paham bahwa satu suara saja yang fals, bisa merusak seluruh paduan suara.

Untuk mengolah pernafasan, Nandika membuat program khusus untuk anggota paduan suara yang ia bina. “Kita mengadakan latihan alam. Ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk latihan alam ini. Misalnya yang pernah kita lakukan, para anggota paduan suara berendam di dalam kolam lalu kita mulai melakukan latihan pernafasan. Atau berteriak  di tengah hutan, tentu dengan teknik dan metode yang sudah teruji, “Nandika berharap agar paduan suara Benedicamus Cante yang ia bina, bisa terlibat dalam pelbagai perlombaan.

Baca selengkapnya tentang Benedicamus Cante

 “Perlombaan itu sangat penting, di sana kita mengukur kualitas kita. Selain itu, dengan terlibat dalam perlombaan kita tahu aturan-aturan umum yang menjadi kriteria penilaian. Salah satu penilaian yang cukup penting saat perlombaan adalah penguasaan terhadap lagu. Bukan hanya ketepatan membidik notasi tetapi juga memahami dan menjiwai lagu. Kadang-kadang orang tidak mengerti lagu, khusus yang berbahasa daerah atau berbahasa asing. Dengan memahami dan menjiwai lagu, saya yakin orang akan bernyanyi dengan baik dan tepat, ”saat ini Nandika juga menjadi guru di SDK St. Clara Surabaya.  (Bill Halan)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *