Copot Kaos Menjelang Finis

http://kabarmisionaris.com/copot-kaos-menjelang-finis.html

http://kabarmisionaris.com/copot-kaos-menjelang-finis.html

Ketika keberuntungan sudah ada di tangan, kesalahan kecil bisa berakibat fatal. Pelari Mahiedine Mekhissi-Benabbad dari Perancis yang berada di urutan paling pertama, mencopot kaosnya menjelang garis finis di nomor lari 3000 meter putra pada Kejuaraan Atletik Eropa di Zurich, Swiss, Kamis (14/8).

Akibat aksi selebrasinya tersebut, Mahiedine terkena diskualifikasi. Alhasil, Mahiedine pun batal menjadi juara. Perdebatan panjang di bangku juri tidak berbuah manis. Emas yang ia rebut diberikan kepada pelari yang finis di urutan kedua, Yoann Kowal.

Sanksi berupa diskualifikasi sama artinya dengan Mahiedine tidak mendapat satu posisi pun di dalam urutan para pelari, sama halnya juga dengan Mahiedine tidak ikut lomba lari ini. Semua pengorbanannya berupa: waktu yang ia butuhkan untuk latihan, kesenangan yang sudah ia korbankan untuk latihan, keluarga yang ia tinggalkan, semuanya sia-sia hanya karena mencopot kaos menjelang garis finis.

Tindakan Mahiedine boleh jadi merupakan akumulasi dari kebiasaan-kebiasaan kecil yang negatif dan yang tanpa ia sadari tertanam dalam alam bawah sadarnya dan muncul dalam spontanitas. Mahiedine mungkin juga sering mengabaikan instruksi-instruksi pelatih.

Kebiasaan-kebiasaan kecil yang negatif yang dibiarkan akan berdampak negatif. Sebaliknya, kebiasaan-kebiasaan kecil yang positif jika dirawat, berdampak positif sebab setiap pengulangan  adalah ibu dari kesempurnaan.

Tuhan  Yesus pun menggunakan hal-hal kecil untuk menjelaskan hal yang besar dan istimewa.  Ia mengumpamakan kerajaan Allah dengan hal kecil, biji sesawi. “Ia seumpama biji sesawi, yang diambil dan ditaburkan orang di kebunnya; biji itu tumbuh dan menjadi pohon dan burung-burung di udara bersarang pada cabang-cabangnya” (Luk 13:19)  (Bill Halan)

Sumber inspirasi Kompas  16 Agustus 2014

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *