APA YANG MENARIK DARI YESUS…..?

apa yang menarik dari Yesus

http://kabarmisionaris.com/apa-yang-menarik-dari-yesus-mark-1013-16.html

Oleh: Hans Baltazar Asa

Teks injil: Mark 10:13-16

Para pencinta kabar misionaris yang saya kasihi.

Ulasan kitab suci pada hari ini berkisah tentang orang yang membawa anak-anak kepada Yesus tetapi para murid Yesus justru menghalang-halangi mereka. Ulasan ini sungguh menarik. Saya akan memulai renungan ini dengan sebuah kisah. Dahulu, setiap tahun di parokiku selalu dikunjungi frater, calon imam. Tujuan kedatanganya adalah melaksanakan Tahun Orientasi Pastoral di Gerejaku. Kami sangat senang kalau bertemu dengan frater. Biasanya dari jauh kami berlari mendekatinya dan mengucapkan selamat pagi, siang atau sore kepada frater.

Singkatnya kalau bertemu dengan frater kami selalu memberi salam. Sesudah itu pasti kami bercerita dengan bangga kepada teman-teman lain. Apalagi kalau dicubit frater, kami bangga luar biasa. Ketika berada bersama orang tua tentu cara kami bercanda dengan frater berbeda lagi. Orang tua mengharuskan kami bersikap sopan kepada frater layaknya seorang atasan dan bawahan. Dari pengelaman singkat ini, muncul pertanyaan ini, apa yang menarik dari sosok seorang frater? Mengapa kami sangat antusias bila bertemu frater? Hanya ada satu jawaban, yakni dalam pribadi frater ada sebuah daya Tarik yang memikat kami.

Saudara-saudara sekalian, ulasan injil pada hari ini kurang lebih memuat hal yang sama. Orang begitu antusias membawa anak-anak kepada Yesus untuk dijamah. Namun, murid-murid Yesus memarahi dan menghalangi orang-orang itu (bdk ay.13). Melihat kejadian itu Yesus marah dan memerintahkan agar para muridNya membiarkan anak-anak itu datang kepadaNya. Alasan Yesus hanya satu: karena merekalah (anak-anak) yang empunya kerajaan Allah (bdk ay. 14). Lalu Yesus menegaskan bahwa barang siapa tidak menyambut kerajaan Allah seperti anak kecil, ia tidak akan masuk kedalam kerajaan Allah. Yesus pun memberkati anak-anak itu (bdk ay. 15-16).

Saudara-saudara sekalian. Apakah pribadi Yesus itu menarik bagi Anda? Mengapa ? Saya yakin kita semua menjawab “YA” pribadi Yesus itu menarik karena di dalam diri Yesus ada daya/ kekuatan Ilahi. Dengan demikian, daya itu sebagai sebuah magnet untuk menarik orang datang kepada Yesus. Lantas kitapun perlu bertanya apakah diri kita manusia ini bisa menjadi seperti pribadi Yesus. Saya yakin bisa, hanya ada beberapa persyaratan yang perlu kita hidupi:

Pertama (1) orang harus mempunyai relasi dengan sang pencipta. Relasi itu terjalin melalui doa, meditasi, kontemplasi dan berbagai kegiatan rohani lainnya. Kegiatan ini akan membawa setiap pribadi untuk berjumpa dengan Allah. Dengan demikian ia akan memperoleh pancaran ilahi. Coba anda lihat dan bandingkan antara orang yang selalu berdoa, membaca kitab suci dengan orang yang tidak pernah berdoa. Secara sepintas kita akan menemukan perbedaan aura di antara keduanya

Kedua (2) selalu berpikir positif. Ketika kita berpikir positif maka kita sedang menghimpun suatu energi kehidupan di dalam diri. Energi itu akan memberikan daya bagi mereka yang lemah dan tidak berdaya, memberikan kegembiraan bagi mereka yang susah membawakan harapan baru bagi mereka yang kehilangan harapan, energi itupun akan memberi kehidupan bagi mereka yang perlahan akan mengalami penurunan semangat hidup.

Ketiga (3) menjadi seperti anak kecil. Dalam hal ini, bukan harus mengalami proses kelahiran kembali melainkan perubahan sikap kita. Kita perlu menjadi seperti anak kecil dalam hal kepolosan hati, di sana tidak ada kecemburuan, iri hati, dengki. Yang ada hanyalah perasaan cinta pada yang lain. Mencintai yang lain sebagaimana kita mencintai diri sendiri.

Para pencinta kabar misionaris yang saya kasihi. Bagaimana menurut anda? Sudahkah Anda menjadi pribadi yang menarik bagi sesama di sekitarmu? Ataukah Anda hanya menjadi batu sandungan? Salah satu indikator untuk mengetahui apakah Anda menjadi pribadi menarik atau tidak adalah dengan mengukur kadar ‘rasa rindu’ orang akan kehadiran kita. Bila kita dirindukan untuk selalu hadir di setiap sisi kehidupan mereka, itu tandanya Anda menjadi pribadi yang menarik seperti Yesus. Bila tidak, segeralah berbenah diri.

Sumber gambar:
http://1.bp.blogspot.com/-EC7RM7rz6TM/VZZwm4e_42I/AAAAAAAAAKc/bz2tEdFza8Q/s1600/Hair_Style_Little_Girl_Pigtail_Braids.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-IZ_iNDvmrqw/TWbK3cMlFqI/AAAAAAAAACw/1fiAAkTNwIQ/s1600/jesus-with-children-1211.jpg

1 Comment
  1. 1 tahun ago
    FC PORTO SHIRT

    I really enjoy the blog.Much thanks again. Great.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *